JABAL UHUD

travel umroh, haji dan umroh, haji plus

JABAL UHUD

MENGENAL SEJARAH JABAL UHUD

Rosullullah pernah bersabda “ jika kamu ingin melihat salah satu gunung di syurga lihatlah gunung uhud itu” hadist riwayat HR Bukhori. Sabda itu berarti jika anda berkeinginan melihat gunung di syurga berziarahlah di gunung uhud. Jabal uhud ini merupakan sebuah tempat bersejarah yang akan selalu di kenang oleh setiap muslim. Dalam sejarah dulu pada jabal uhud ini telah terjadi perang yang sangat besar antara umat islam yang berjumlah 700 orang dan kaum kafir quraisy yang berjumalah 3.000 orang pada 15 Syawal 3 hijriyah 625 Masehi, yang kini lebih di kenal dalam perang uhud yang mana dalam perang tersebut sebanyak 70 pejuang islam terbunuh dan mati syahid, sementara pada kubu kafir quraisy terbunuh 20 orang. yang mana perang uhud ini memang di menangkan oleh kubu kafir quraisy.

PERANG UHUD

Dalam perang uhud ini semua pasukan umat muslim di pimpin langsung oleh Rosullullah. Beliau mengambil posisi berada di atas gunung uhud, dan ketika para kaum musyrikin datang mereka akan menyerbu dengan anak panah. Rosullullah menempatkan beberapa pasukan pemanah pada gunug karimah sebelah gunung uhud yang di pimpin oleh Masha’b bin Umar.

Sebenarnya dalam perang uhud ini kaum muslimin sudah mencapai kemenangan namun, para pemanah yang berada di atas gunung porak-poranda ketika kaum musyrikin memberi mereka umpan uang serta emas-emas yang mereka sebarkan, padahal Rosullullah telah berpesan kepada mereka untuk tidak tergiur dengan apa yang di bagikan oleh kaum quraisy.

Dalam perang ini pasukan kaum muslimin 70 pejuang islam mati terbunuh antara lain paman nabi Hamzah bin Abdul Muthalib. Bahkan Rosullullah juga menderita luka-luka pada sekujur tubuhnya.
Nabi memerintahkan bahwa semua pejuang yang berjumlah 70 orang yang telah meninggal tersebut untuk dimakamkan dimana mereka gugur. Sehingga di jabal uhud terdapat satu liang kubur yang di dalamnya terkubur beberapa syuhada. Yang mana tempat tersebut di kelilingi oleh tembok besar yang di dalamnya tidak ada tanda-tanda seperti makam karena di dalamnya tidak ada batu nisan sama sekali.
Itulah keutamaan jabal uhud yang patut dijadikan tempat sejarah umat islam. Bahkan bagi setiap umat islam yang melakukan ibadah haji dan umroh mereka di wajibkan untuk berziarah di jabal uhud ini, untuk berziarah di makam para syuhada serta mendoakannya.

Melihat Lokasi dan kawasan yang mengelilingi jabal uhud sangat terjal dan curam, banyak sekali orang-orang yang menangis membayangkan bagaimana dulu Rosullullah dan para syuhada melakukan perang dengan lokasi yang sangat tidak mendukung. Para jamaah travel umroh maupun ketika melaksanakan haji plus selalu melakukan doa bersama untuk para suhada Uhud.

Pada tempat pemakaman para syuhada di jabal uhud ini para pemerintah Arab Saudi memberikan pengumuman bagi setiap pengunjung yang datang dengan berbagai bahasa termasuk juga bahasa Indonesia. Pengumuman itu berisi tentang para peziarah dilarang melakukan hal-hal seperti mengusap-usap kuburan, di takutkan hal ini bisa menimbulkan kemusyrikan. Seperti juga para jamaah dilarang membawa tanah atau batu dari tempat tersebut dengan tujuan yang tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paket Terlarisclose